Pages

Blogroll

Trailer Dokumenter Abda'u Resmi dirilis

Minggu, 16 Desember 2012


Judul            : Abda’u
Durasi : 24 menit
Quality : HD (High Definition)
Size : Wide Screen (16:9)
Produced by : BaileoDoc


SUMMARY

Abda’u merupakan ritual budaya yang digelar oleh masyarakat Negeri Tulehu Kabupaten Maluku Tengah setiap tanggal 10 Dzulhidjah atau bertepatan dengan perayaan Idul Adha dan sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam.
Menurut penuturan sejarah, Abda’u berasal dari kata ABADA yang berarti ibadah. Ibadah sendiri bermakna pengabdian hamba kepada sang Khalik.
Terdapat dua sebab ritual Abda’u digelar. Pertama Abda’u merupakan refleksi nilai sejarah yang terilhami dari sikap Kaum (Pemuda) ANSHAR yang dengan gagah perkasa dan gembira menyambut hijrahnya Rasullah SAW dari Mekkah ke Madinah. Kedua Abda’u merupakan refleksi kegembiraan masyarakat Negeri Tulehu tempo dulu yang hidup berkelompok di Hena-hena di antara gunung Salahutu – bukit Huwae dalam menyambut datangnya Ajaran agama Islam yang di bawa oleh para Aulia (Ulama Besar).
Pagelaran ritual Abda’u turut dimeriahkan oleh berbagai macam karnaval, diantaranya : Hadrat, Kaul Qurban, Visualisasi Ibadah Haji, Tarian Sahumena, Dabus, Tarian Pattimura, Bambu Gila, Arak-arak 12 Rumah Tau, serta Visualisasi Tulehu zaman dulu.

Film ini akan bercerita tentang ritual pagelaran Abda’u yang menjelaskan : Sejarah Ritual Abda’u, alasan pagelaran, aspek budaya Negeri Tulehu yang masih berkaitan erat dengan Ritual Abda’u, serta dokumentasi perayaan abda’u sebelum (pra) dan sesudah (pasca) ritual ini digelar 26 oktober 2012 nanti.

***

Berikut trailer film Abdau yang kami rilis pada tanggal 12-12-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading

Ads 200x200

Ads 200x200